Melangkah demi masa depan dan melihat dengan jalan fikiran yang lurus "Talk Less do More"

Friday, January 22, 2010

PANTAI NGLIYEP

Pantai ngliyep merupakan satu-satunya pantai di kecamatan donomulyo yang sudah banyak orang kenalin. Pantai ngliyep ini jaraknya dari desa donomulyo sekitar 15 km. Kalo dari malang sekitar mungkin 60-65 km. Pantaingliyep terletak di desa kedungsalam. Untuk ke pantai ngilyep di perlukan kira2 2 jam perjalanan dari malang. Tiket masuknyapun murah hanya kisaran Rp 6.500 s.d Rp 8.000 untuk sekali masuk. Di pantai ngliyep ini banyak sekali fasilitas2 yang di sediakan. Misalnya warung makan, parking area, mushola, motel, pos kesehatan, tempat sarasehan, penjaga pantai, toko pernik, dan sebagainya. 
 
Tempatnya punjuga banyak, diantaranya adalah gunung kombang, pasir panjang, njujukan dan banyak lagi, tapi yang paling ngtren adalah gunung kombang dan pasir panjang. Mengapa demikian? Di gunung kombang itu terkenal dengan pesugihannya, gunung komnag itu bentuknya ya gunung tapi ada semacam rumah di atasnya tempatnya sangat bagus untuk di jadikan kencan. Lho kok kencan? Maksudnya pariwisata, kalo ke gunung kombang kita hanya di wajibkan bayar sekitar Rp 2000 per orang. Dari gunung kombang ini kita dapat melihat sunset. Udah gitu di sana kita juga bisa memancing lho...

Dalam sejarah, pantai ngliyep biasanya menyelenggeralakan sajen yang di sebut dengan muludan. Dan uniknya muludan ini hanya di laksanakan di bulan maulud saja, acaranya meriah. Pasti anda juga udah tahu bagaimana prosesnya. Bagi yang belum, muludan adalah suatu ritual yang bertujuan untuk tolak balak. Nah kepercayaan itu hingga sekarang masih ada. Dalam pelaksanaannya, muludan sama saja dengan proses larung saji. Kita melarungkan benda2 dan semua hasil tani, seperti padi. Semua itu di larutkan ke laut. Bahkan juga ada kepala kerbaunya lho, wah ngeri juga ya bayanginnya?

Di ngliyep banyak sekali memang keanekaragamannya tapi di ngliyep itu larang sinyal alias fakir sinyal. Jadi kalo anda berkunjung ke sana bawa telefon satelit aja. Saya tidak tahu kenapa hal itu bisa terjadi, soalnya pantai ngliyep adalah pantai yang sangat indah tetapi tak ada sinyal. Yah semoga saja ada operator yang membaca artikel ini dan membangun BTS di sana. Perlu di ketahui pengunjung pantai ngliyep setiap minggunya banyak lho, sekitar 200-300 orang. Jadi rugi banget tuh kalo ada pengunjung seperti itu tapi tak ada Operator yang mau membangun BTS.

Bahkan kalo hari2 tertentu biasanya pengunjungnya bisa lebih dari 1000 orang, misalnya hari raya, muludan ataupun hari2 anak sekolah libur. Rame banget deh pokonya. Untuk operator selurer ayolah bangun BTSnya, gak2 kalo rugi. Perlu di ketahui juga pengunjung pantai ngliyep bukan dari orang Malang aja lho, bahkan ada juga turis yang mampir ke sana.

Mungkin itu yang saya tahu dari pantai ngiliyep, kalo anda pengen mengunjunginya silahkan aja.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 Tanggapan pembaca

Terima kasih sudah mengunjungi blog kami.
Sampaikan saran, kritik, dan pesan di bawah ini.
Mohon untuk berkomentar secara sopan.
~ No SPAM
~ No Sara
~ No Menghujat
~ No Link Hidup
(update 7 Januari 2013)
Informasi:DO FOLLOW Blog

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© Deby Putra Bahrodin
Designed by dputra
Posts RSSComments RSS
Back to top